SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN MULYA ABADI, JL. MAGELANG KM 8.5 SLEMAN YOGYAKARTA, SEMOGA BLOG INI BISA MENJADI SILATURAHMI KITA UNTUK SALING BERBAGI

2011/03/24

KW 6: Kepung Damaskus!


(Bagian ke-6 dari seri tulisan Khalid bin Walid)
KW 6: Kepung Damaskus! Image result for Damaskus



Pasukan Romawi berjumlah ratusan ribu di bawah pimpinan menantu Raja Hiraqla (Hercules) sudah sigap di suatu pagi. Pada waktu mereka telah semakin dekat, Khalid bin Al-Walid berkata pada Abu Ubaidah, “Sebetulnya hati mereka ketakutan, ayo kita serang.”
Abu Ubaidah menjawab, “Ayo.”
Khalid, Abu Ubaidah, dan semua pasukan Islam menyerbu dengan cepat; takbir membahana. Pertempuran berkobar-kobar riuh. Musuh berguguran bersimbah darah; para sahabat Nabi SAW berjihad dengan penuh semangat.
Amir bin At-Thufail berkata, “Seorang tentara Islam mampu mengacau-balaukan (ada yang mati, ada yang lari) 110 orang Romawi.”
Peperangan yang berlangsung tidak sampai satu jam itu berakhir dengan kemenangan besar di pihak Islam. Tentara musuh yang masih hidup, lari terbirit-birit masuk ke kota. Mayat musuh bergelimpangan sepanjang desa hingga pintu gerbang timur.
Pejabat-pejabat Damaskus yang tahu bahwa pasukan mereka dikalahkan, segera menutup semua pintu gerbang kota, tak mempedulikan kaum mereka yang masih tertinggal di luar. Qais bin Hubairah (قيس ابن هبيرة) RA berkata, “Orang-orang yang masih di luar ada yang kami bunuh, ada yang kami tawan.”

Khalid pulang dari medan perang dan menjumpai Abu Ubaidah untuk usul, “Sebaiknya pasukan kita bagi dua. Saya bersama sejumlah pasukan bersiaga di dekat pintu gerbang timur, engkau bersama sejumlah pasukan menempati dekat pintu gerbang barat.”
Abu Ubaidah menjawab, “Ini usulan yang sangat tepat.”
Uwais bin Al-Khathab (أويس بن الخطاب) berkata, “Saat itu pasukan Islam berjumlah 47.500 orang. Rombongan Abu Ubaidah adalah orang-orang yang berasal dari Hijaz (الحجاز), Yaman, Hadhramaut (حضرموت), pantai Oman (عمان), Thaif, hingga sekitar Makkah. Jumlah mereka mencapai 37.000 orang berkendaraan kuda gagah berani.
Rombongan Amr bin Al-Ash (عمرو بن العاص) berjumlah 9.000 orang berkendaraan kuda. Hanya saja rombongan ini belum bergabung dengan pasukan Abu Ubaidah dan Khalid, masih dalam perjalanan.
Rombongan Khalid bin Al-Walid (خالد بن الوليد) berjumlah 1.500 orang berkendaraan kuda. Mereka yang tadinya datang dari arah Iraq. Jumlah semua ini belum termasuk tambahan yang datang beberapa saat setelah itu.”
Pasukan kemudian dibagi dua. Satu golongan dipimpin Khalid menuju pintu gerbang timur. Satu golongan lagi dipimpin Abu Ubaidah menuju pintu gerbang barat.
Penduduk Damaskus ketakutan di dalam benteng karena telah dikepung pasukan Islam. Khalid mendatangkan dua tokoh besar kaum Romawi, yaitu Bathriq Kalus dan Bathriq Azazir pejabat tinggi Damaskus. Kejadian tersebut sengaja dipertontonkan di depan umum.
Mereka berdua disuruh masuk Islam. Karena mereka menolak, maka Dhirar bin Al-Azwar diperintah agar memotong kepala mereka berdua. Dhirar bergerak cepat melaksanakan perintah tersebut. Melihat kejadian tersebut, orang-orang Damaskus marah. Mereka menulis surat untuk raja mereka, dengan isi berita di antaranya tentang:
1.       Tindakan kaum Arab atas Kalus dan Azazir.
2.       Tentara Islam telah mendekati pintu gerbang timur Damaskus.
3.       Pintu gerbang Jabiyyah juga telah didatangi ribuan tentara Islam.
4.       Tentara Islam telah menggerakkan kaum muda dan remaja mereka.
5.       Kota Balqa dan tanah Sawad telah disita tentara Islam.
Ujung-ujungnya dalam surat tersebut minta bantuan. Kalau tidak, maka mereka mengancam akan menyerahkan Damaskus pada tentara Islam.

Mereka mengutus seseorang agar mengantarkan surat tersebut pada Raja Hiraqla dengan imbalan tinggi. Sedemikian rupa dibuat agar tentara Islam tidak mengetahui bahwa mereka telah mengirim surat.

0 komentar:

Posting Komentar