Ada dua alim bernama sama, ‘Ibnu Katsir’, semuanya mashur. Yang satu Imam Qura; yang satu Mufassir sohor.
Yang lebih diminati fatwanya, yang Mufassir sohor, karena orang zaman
sekarang kurang tertarik belajar Qiroatussab’ah. Padahal menurut guru, guru, guru, KH Nur Hasan yang bernama Annawawi, di dalam Al-Itqan,
“Satu dari ilmu yang harus dipelajari dan dikuasai oleh seorang, agar
menjadi Alim, Ilmu Qiroat.”
Ibnu Katsir menulis: تفسير ابن كثير - (ج 1 / ص 102)
قالوا:
وكلماتها خمس وعشرون كلمة، وحروفها مائة وثلاثة عشر حرفًا. قال البخاري في أول كتاب
التفسير: وسميت أم الكتب، أنه يبدأ بكتابتها في المصاحف، ويبدأ بقراءتها في الصلاة
وقيل: إنما سميت بذلك لرجوع معاني القرآن كله إلى ما تضمنته. قال ابن جرير: والعرب
تسمي كل جامع أمر أو مقدم لأمر -إذا كانت له توابع تتبعه هو لها إمام جامع -أُمًّا،
فتقول للجلدة التي تجمع الدماغ، أمّ الرأس، ويسمون لواء الجيش ورايتهم التي يجتمعون
تحتها أُمًّا، واستشهد بقول ذي الرمة:
على
رأسه أم لنا نقتدي بها ... جماع أمور ليس نعصي لها أمرا
يعني:
الرمح. قال: وسميت مكة: أم القرى لتقدمها أمام جميعها وجمعها ما سواها، وقيل: لأن الأرض
دحيت منها ويقال لها أيضًا: الفاتحة؛ لأنها تفتتح بها القراءة، وافتتحت الصحابة بها
كتابة المصحف الإمام، وصح تسميتها بالسبع المثاني، قالوا: لأنها تثنى في الصلاة، فتقرأ
في كل ركعة، وإن كان للمثاني معنى آخر غير هذا، كما سيأتي بيانه في موضعه إن شاء الله
.قال الإمام أحمد: حدثنا يزيد بن هارون، أنبأنا ابن أبي ذئب وهاشم بن هاشم عن ابن أبي
ذئب، عن المقبري، عن أبي هريرة، عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال لأم القرآن:
" هي أم القرآن، وهي السبع المثاني، وهي القرآن العظيم " . ثم رواه عن إسماعيل
بن عمر عن ابن أبي ذئب به، وقال أبو جعفر محمد بن جرير الطبري: حدثني يونس بن عبد الأعلى،
أنا ابن وهب، أخبرني ابن أبي ذئب، عن سعيد المقبري، عن أبي هريرة، رضي الله عنه، عن
رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: " هي أم القرآن، وهي فاتحة الكتاب، وهي السبع
المثاني " .وقال الحافظ أبو بكر أحمد بن موسى بن مردويه في تفسيره: حدثنا أحمد
بن محمد بن زياد، ثنا محمد بن غالب بن حارث، ثنا إسحاق بن عبد الواحد الموصلي، ثنا
المعافى بن عمران، عن عبد الحميد بن جعفر، عن نوح بن أبي بلال، عن المقبري، عن أبي
هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " الحمد لله رب العالمين سبع آيات:
بسم الله الرحمن الرحيم إحداهن، وهي السبع المثاني والقرآن العظيم، وهي أم الكتاب .
Artinya:
Para Ulama berkata, “Surat Al-Fatichah terdiri dari 25 kalimat, 113 huruf.”
Bukhari
berkata di awal kitab Tafsir: “Surat itu dinamakan Ummal-Kitab. Penulisan Surat
tersebut diawalkan di dalam Al-Mashachif (Al-Qur’an).
Pembacaannya di dalam shalat juga diawalkan.”
Ada
yang mengatakan, “Sungguh dinamakan Ummal-Kitab karena rujukan semua makna
Al-Qur’an, terkandung dalam Surat tersebut.”
Ibnu
Jarir berkata:
“Kaum
Arab menamakan ‘Umm(a)’ pada semua yang mengumpulkan perkara, atau yang mendahului
perkara; jika Imam Jamik yang dimaksud, memiliki pengikut
yang mengikuti.
Oleh
karena itu kau bisa mengistilahkan ‘Ummarrasi (أمّ الرأس)’ pada kulit kepala yang membungkus otak. Mereka juga mengistilahkan
‘Umma (أُمًّا)’ pada panji dan bendera yang berguna mengumpulkan pasukan.”
Dalam
berhujjah ini, Ibnu Jarir istasyhada (mengambil rujukan) pada ucapan
Dzirrimmah:
Di atas kepalanya berkibar Umm
untuk kami ikuti
Pemersatu yang takkan kami selisihi
Maksud lafal ‘umm’ di
atas adalah tombak yang diberi kain seperti bendera (yang dibawa oleh pimpinan
perang), untuk mempersatukan pasukan (yang di belakangnya).
Makkah juga dinamakan
‘Ummal-Qura (Induk-kota-kota)’, karena umurnya tua. Dialah Imam
kota-kota dan lainnya.
Ada yang mengatakan, “Karena
bumi dibuat berasal dari Makah.”
Al-Fatichah juga dinamakan
‘Umm’ karena sebagai pembuka shalat. Dan para sahabat nabi menulis Muschaf Imam dengan permulaan Al-Fatichah.[1]
Al-Fatichah ‘diberi nama Sab'ul-Matsani (السَّبْعُ الْمَثَانِي)’ juga
shahih.
Mereka berkata, “Karena Al-Fatichah
dibaca berulang-ulang di dalam shalat. Dibaca pada tiap rokaat.”
Namun jika matsani diartikan
selain ini, maka penjelasannya akan datang pada tempatnya, in syaa Allah.
Imam Achmad
mengajarkan Hadits pada kami, yang arti selain isnadnya: Sungguh nabi SAW
bersabda mengenai Al-Fatichah, “هِيَ أُمُّ الْقُرْآنِ وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي وَهِيَ الْقُرْآنُ
الْعَظِيمُ.”
Imam Achmad
juga meriwayatkan Hadits itu dari Ismail bin Umar.
Abu Jakfar
Muhammad bin Jarir Atthobari juga meriwayatkan dengan isnad hingga Rasulillah
SAW: “Dia Ummu (Induk) Al-Qur’an. Dia Fatichatul-Kitab. Dia tujuh Ayat
yang diulang-ulang.”
Al-Chafizh
Abu Bakr Achmad bin Musa bin Marduwaih menjelaskan di dalam Haditsnya, dengan
isnad, hingga Rasulillah SAW: “Al-Chamdu lillahi Rabbil aalamiiin tujuh Ayat. Bismillahir Rohmanir Rohiim, termasuk Ayat. Dia tujuh Ayat yang diulang-ulang dan Al-Qur’an yang agung. Dia pula Ummu (Induk) Kitab.”
Bersambung.
Bersambung.
[1] Muschaf imam
ialah Al-Qur’an yang pertama kali ditulis pada zaman Abu Bakr.
Mulungan Sleman Yogyakarta Indonesia Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi
Mulungan Sleman Yogyakarta Indonesia Ponpes Kutubussittah Mulya Abadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar