Sebagian Ulama menjelaskan, “Allah” Artinya Tuhan segala
yang dipertuhankan. [1] Yang mencipta semua makhluq dengan Ilmu dan
KekuasaanNya, dan memberi ‘rizqi’ hingga kematian semua makhluq.
Nabi SAW pernah menunggu ‘lama’ pada Jibril AS
yang berjanji akan datang. Setelah beliau SAW mengeluarkan anak anjing dari
kolong dipan Chasan atau Chuain AS, tiba-tiba Jibril AS muncul dengan
mengejutkan. Tahu-tahu bibir Jibril AS telah berada di dekat telinga Nabi SAW, untuk
membisikkan, “Lan tamuta nafsun chatta yustakmala rizquhaa, fa ajmilu
fitthalab” Artinya ‘jiwa takkan
mati hingga rizqinya diberikan seluruhnya. Maka
di dalam mencari rizqi ‘berusahalah’dengan cara yang
baik’.
Muslim
meriwayatkan:
(Ajaran) Nabi SAW dari Allah Tabaraka wa Taala:
1.
“Ya Hamba-HambaKu, sungguh Aku telah
mengharamkan diri, ‘melakukan penganiayaan’. Aku juga mengharamkan ‘penganiayaan’antar
kalian, maka jangan saling menganiaya!
2.
Ya Hamba-HambaKu! Kalian semua sesat, kecuali yang
telah Kuberi petunjuk, maka ‘mintalah
petunjuk’ padaKu, kalian
akan Kuberi petunjuk.
3.
Ya Hamba-HambaKu, kalian semua kelaparan, kecuali yang
telah Kuberi makan, maka ‘mintalah
makan’ padaKu, kalian
akan Kuberi makan.
4.
Ya Hamba-HambaKu kalian semua telanjang, kecuali yang telah
Kuberi busana, maka mintalah busana padaKu, kalian akan Kuberi busana.
5.
Ya Hamba-HambaKu kalian melakukan
kesalahan di waktu malam dan siang, sedangkan Aku akan mengampuni semua dosa,
maka ‘mintalah ampun’ padaKu! Kalian akan Kuampuni.
6.
Ya Hamba-HambaKu! Sungguh kalian takkan mungkin (membuat) madharrat, untuk memadharrat-kan Aku, dan takkan mungkin (membuat)
manfaat, untuk memberi
manfaat padaKu.
7.
Ya Hamba-HambaKu! Sungguh kalau ‘awal kalian, akhir
kalian, bangsa manusia kalian, dan bangsa
jin kalian’, telah melakukan
ketakwaan lebih taqwanya hati lelaki dari kalian, maka demikian itu, tidak
menambahi KerajaanKu sedikitpun.
8.
Ya Hamba-HambaKu! Sungguh kalau ‘awal kalian, akhir
kalian, bangsa manusia kalian, dan bangsa
jin kalian’, telah melakukan
kedurhakaan lebih durhakanya hati seorang lelaki kalian, maka demikian itu tak
mengurangi KerajaanKu sedikitpun.
9.
Ya Hamba-HambaKu! Sungguh kalau ‘awal
kalian, akhir kalian, bangsa manusia kalian, dan bangsa jin kalian’,
berdiri di suatu tanah lapang untuk memohon padaKu, lalu semua Kukabulkan
permohonan mereka, maka demikian itu tak mengurangi sedikitpun dari yang di
sisiKu, kecuali hanya seperti jarum mengurangi (air), ketika
dimasukkan ke laut.
10.
Ya Hamba-HambaKu, sungguh yang kalian alami adalah, hasil dari
amalan kalian sendiri yang Kuperhitungkan untuk kalian. Selanjutnya amalan kalian itu Kubalaskan
sungguh pada kalian. Maka barang siapa menjumpai kebaikan, hendaklah memuji
Allah, barang siapa menjumpai selain itu, maka jangan mencaci sungguh, kecuali
pada dirinya.”
Said berkata, “Dulu jika menceritakan ini Hadits, maka Abu Idris
Al-Khaulani (أَبُو إِدْرِيسَ
الْخَوْلَانِيُّ)
bersimpuh atas dua lututnya.” [2]
Hikmah dari Hadits ini:
1.
Yang menentukan nasib kita semuanya,
Allah Taala.
2.
Allah kita sembah, bukannya Allah mendapatkan
manfaat atau keberuntungan.
3.
Menetang Allah takkan merugikan Allah.
4.
Kalau ingin sehat dan selamat, maka berdoa dan
istighfarlah pada Allah, atas
dosa yang telah kita lakukan pada malam dan siang.
وَقَدْ رَوَى
الْحَافِظُ ابْنُ مَرْدُويه مِنْ طَرِيقَيْنِ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ عَيَّاشٍ،
عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ يَحْيَى، عَنْ مِسْعَر، عَنْ عَطِيَّةَ، عَنْ أَبِي
سَعِيدٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"إِنَّ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ أَسْلَمَتْهُ أُمُّهُ إِلَى الكتَّاب
لِيُعَلِّمَهُ، فَقَالَ الْمُعَلِّمُ: اكتب، قال ما أكتب؟ قال: بسم اللَّهِ، قَالَ
لَهُ عِيسَى: وَمَا بِاسْمِ اللَّهِ؟ قَالَ الْمُعَلِّمُ: مَا أَدْرِي . قَالَ
لَهُ عِيسَى: الْبَاءُ بَهاءُ اللَّهِ، وَالسِّينُ سَنَاؤُهُ، وَالْمِيمُ
مَمْلَكَتُهُ، وَاللَّهُ إِلَهُ الْآلِهَةِ، وَالرَّحْمَنُ رَحْمَنُ الدُّنْيَا
وَالْآخِرَةِ، وَالرَّحِيمُ رَحِيمُ الْآخِرَةِ".
55 - (2577) حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ بَهْرَامَ الدَّارِمِيُّ، حَدَّثَنَا مَرْوَانُ
يَعْنِي ابْنَ مُحَمَّدٍ الدِّمَشْقِيَّ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ،
عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ،
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فِيمَا رَوَى عَنِ اللهِ تَبَارَكَ
وَتَعَالَى أَنَّهُ قَالَ: «يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي،
وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا، فَلَا تَظَالَمُوا، يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ ضَالٌّ
إِلَّا مَنْ هَدَيْتُهُ، فَاسْتَهْدُونِي أَهْدِكُمْ، يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ جَائِعٌ،
إِلَّا مَنْ أَطْعَمْتُهُ، فَاسْتَطْعِمُونِي أُطْعِمْكُمْ، يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ
عَارٍ، إِلَّا مَنْ كَسَوْتُهُ، فَاسْتَكْسُونِي أَكْسُكُمْ، يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ
تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا، فَاسْتَغْفِرُونِي
أَغْفِرْ لَكُمْ، يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ لَنْ تَبْلُغُوا ضَرِّي فَتَضُرُّونِي وَلَنْ
تَبْلُغُوا نَفْعِي، فَتَنْفَعُونِي، يَا عِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ
وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ، مَا
زَادَ ذَلِكَ فِي مُلْكِي شَيْئًا، يَا عِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ
وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَفْجَرِ قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ، مَا نَقَصَ
ذَلِكَ مِنْ مُلْكِي شَيْئًا، يَا عِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ
وَجِنَّكُمْ قَامُوا فِي صَعِيدٍ وَاحِدٍ فَسَأَلُونِي فَأَعْطَيْتُ كُلَّ إِنْسَانٍ
مَسْأَلَتَهُ، مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِمَّا عِنْدِي إِلَّا كَمَا يَنْقُصُ الْمِخْيَطُ
إِذَا أُدْخِلَ الْبَحْرَ، يَا عِبَادِي إِنَّمَا هِيَ أَعْمَالُكُمْ أُحْصِيهَا لَكُمْ،
ثُمَّ أُوَفِّيكُمْ إِيَّاهَا، فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا، فَلْيَحْمَدِ اللهَ وَمَنْ وَجَدَ
غَيْرَ ذَلِكَ، فَلَا يَلُومَنَّ إِلَّا نَفْسَهُ» قَالَ سَعِيدٌ: كَانَ أَبُو إِدْرِيسَ
الْخَوْلَانِيُّ، إِذَا حَدَّثَ بِهَذَا الْحَدِيثِ، جَثَا عَلَى رُكْبَتَيْهِ.
__________
[شرح
محمد فؤاد عبد الباقي]
[ش (إلا كما ينقص
المخيط) قال العلماء هذا تقريب إلى الإفهام ومعناه لا ينقص شيئا أصلا كما قال في الحديث
الآخر لا يغيضها نفقة أي لا ينقصها نفقة لأن ما عند الله لا يدخله نقص وإنما يدخل النقص
المحدود الفاني وعطاء الله تعالى من رحمته وكرمه وهما صفتان قديمتان لا يتطرق إليهما
نقص فضرب المثل بالمخيط في البحر لأنه غاية ما يضرب به المثل في القلة والمقصود التقريب
إلى الأفهام بما شاهدوه فإن البحر من أعظم المرئيات عيانا وأكبرها والإبرة من أصغر
الموجودات مع أنها صقيلة لا يتعلق بها ماء].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar