Pages - Menu

Pages - Menu

Pages

2014/08/03

Qurthubi dan Assayyuthi Kritik Hadits



Dari Umar bin Al-Khatthab Ra, Rasulullah SAW bersabda, “Al-Qur’an berisi 1.027.000 huruf. Barangsiapa membaca dengan cermat dan mengharapkan pahala, maka dari tiap hurufnya, dia mendapatkan istri bidadari bermata indah.”

Hadits ini tidak diriwayatkan dari Umar Ra, kecuali dengan ini isnad. Chafsh bin Maisarah menyendiri (memufrod)kan Hadits ini. [1]

Assayyuthi menilai guru Thabrani kurang Tsiqat (terpercaya). Dalam Al-Itqan, dia menulis, “Atthabrani telah mengeluarkan riwayat ini dari Umar bin Al-Khatthab, secara marfuk:

Al-Qur’an berisi 1.027.000 huruf. Barangsiapa membaca dengan cermat dan mengharapkan pahala, maka dari tiap hurufnya, mendapatkan istri bidadari bermata indah.

Rijal (para penyampai) Hadits ini Tsiqat (Terpercaya). Kecuali guru Thabrani, Muhammad bin Ubaid bin Adam bin Abi Iyas. Dia dikritik oleh Adzahabi (الذهبي) karena Hadits ini. Sungguh yang dimaksud di sini, Jumlah Aslinya Al-Qur’an (semuanya). Huruf yang ada sekarang ini, tidak sampai jumlah tersebut (banyak yang dimansukh (hapus) secara tilawah (bacaan)).” [2]

Al-Qurthubi menulis, “Adapun jumlah huruf dan juz Al-Qur’an, Salam Abu Muhammad Al-Hamani meriwayatkan, ‘sungguh Hajaj bin Yusuf telah mengumpulkan: 

1.    Qura’ (para ahli baca Al-Qur’an). 
2.    Huffazh (para penghafal Al-Qur’an).
3.    Dan Kuttab (para penulis Al-Qur’an).

Lalu berkata ‘khabari aku tentang Al-Qur’an semuanya! Terdiri berapa huruf kah?’
‘Saat itu saya berada di pertengahan mereka’ kata Salam 'setelah menghitungkami ijma’ (sepakat) bahwa, Al-Qur’an terdiri 340. 740 huruf
Dia juga berkata ‘khabari aku! Tepat pada manakah? Huruf di tengah Al-Qur’an?’.




[1] المعجم الأوسط (6/ 361)
6616 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ بْنِ آدَمَ بْنِ أَبِي إِيَاسٍ الْعَسْقَلَانِيُّ، حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ جَدِّي آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ، ثَنَا حَفْصُ بْنُ مَيْسَرَةَ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الْقُرْآنُ أَلْفُ أَلْفِ حَرْفٍ،وَسَبْعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفِ حَرْفٍ، فَمَنْ قَرَأَهُ صَابِرًا مُحْتَسِبًا كَانَ لَهُ بِكُلِّ حَرْفٍ زَوْجَةٌ مِنَ الْحُورِ الْعَيْنِ»
لَا يُرْوَى هَذَا الْحَدِيثُ عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ إِلَّا بِهَذَا الْإِسْنَادِ، تَفَرَّدَ بِهِ حَفْصُ بْنُ مَيْسَرَةَ ".
[2] الإتقان في علوم القرآن (1/ 242)
وَأَخْرَجَ الطَّبَرَانِيُّ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ مَرْفُوعًا: "الْقُرْآنُ أَلْفُ ألف حرف وسبعة وعشرون أَلِفِ حَرْفٍ فَمَنْ قَرَأَهُ صَابِرًا مُحْتَسِبًا كَانَ لَهُ بِكُلِّ حَرْفٍ زَوْجَةٌ مِنَ الْحُورِ الْعِينِ ".رِجَالُهُ ثِقَاتٌ إِلَّا شَيْخَ الطَّبَرَانِيِّ مُحَمَّدَ بْنَ عبيد بن آدم ابن أَبَى إِيَاسٍ تَكَلَّمَ فِيهِ الذَّهَبِيُّ لهذا الحديث. وَقَدْ حُمِلَ ذَلِكَ عَلَى مَا نُسِخَ رَسْمُهُ مِنَ الْقُرْآنِ أَيْضًا إِذِ الْمَوْجُودُ الْآنَ لَا يَبْلُغُ هَذَا الْعَدَدَ.
 وَأَمَّا عَدَدُ حُرُوفِهِ وَأَجْزَائِهِ فَرَوَى سَلَامٌ أَبُو مُحَمَّدٍ الْحِمَّانِيُّ أَنَّ الْحَجَّاجَ بْنَ يُوسُفَ جَمَعَ الْقُرَّاءَ وَالْحُفَّاظَ وَالْكُتَّابَ، فَقَالَ: أَخْبِرُونِي عَنِ الْقُرْآنِ كُلِّهِ كَمْ مِنْ حَرْفٍ هُوَ؟. قَالَ: وَكُنْتُ فِيهِمْ، فَحَسَبْنَا فَأَجْمَعْنَا عَلَى أَنَّ الْقُرْآنَ ثَلَاثُمِائَةِ أَلْفِ حَرْفٍ وَأَرْبَعُونَ أَلْفَ حرف وسبعمائة حرف وأربعون حرفا وقال: فَأَخْبِرُونِي إِلَى أَيِّ حَرْفٍ يَنْتَهِي نِصْفُ الْقُرْآنِ؟ فإذا هو الْكَهْفِ" وَلْيَتَلَطَّفْ" فِي الْفَاءِ.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar