{وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اتَّبِعُوا
مَا أَنْزَلَ اللَّهُ قَالُوا بَلْ نَتَّبِعُ مَا أَلْفَيْنَا عَلَيْهِ آبَاءَنَا أَوَلَوْ
كَانَ آبَاؤُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ شَيْئًا وَلَا يَهْتَدُونَ () وَمَثَلُ الَّذِينَ
كَفَرُوا كَمَثَلِ الَّذِي يَنْعِقُ بِمَا لَا يَسْمَعُ إِلَّا دُعَاءً وَنِدَاءً صُمٌّ
بُكْمٌ عُمْيٌ فَهُمْ لَا يَعْقِلُونَ () يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ
طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
() إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا
أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ
عَلَيْهِ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ ()} [البقرة: 170 - 173].
Artinya:
Dan ketika dikatakan pada mereka, “Ikutilah yang telah Allah
turunkan! Mereka menjawab ‘justru kami akan mengikuti yang kami jumpai ayah-ayah kami (lakukan)!’ (Allah menjawab) ‘apa walau ayah-ayah mereka tidak mempergunakan akal sedikitpun? Dan tidak mendapat bimbingan?’. [170].
Menurut Ibnu Abbas RA, “Ayat ini turun mengenai sekelompok kaum Yahudi. Rasulullah SAW mengajak agar mereka Islam. Namun mereka menjawab
‘justru yang akan kami ikuti, agama yang dijumpai oleh ayah-ayah kami’. Maka
Allah menurunkan ayat ini.” [1]
Dan gambaran kaum yang telah kafir; seperti gambaran orang
meneriaki (makhluq) yang tidak mendengar, kecuali undangan dan seruan; tuli,
bisu, buta, maka tidak mempergunakan akal. [171].
Ibnu Katsir menjelaskan, “Ini gambaran mengenai keadaan; sesat,
keliru, dan kebodohan mereka. Seperti binatang yang tidak memahami kalimat yang
dikatakan padanya. Bahkan kalau penggembalanya berteriak, dia tidak tahu
petunjuk yang diberikan. Dia hanya bisa menangkap suara.” [2]
Hai khusus kaum yang beriman! Makanlah yang telah Kami rizqikan
pada kalian; yang baik-baik! Dan bersukurlah pada Allah! Jika kalian hanya
menyembah padaNya!. [172].
Makan yang halal berdampak ‘doa menjadi mustajabah’. Rasulullah
SAW bersabda, “Hai orang-orang khusus! Sungguh Allah sangat baik, dan takkan
menerima kecali yang sangat baik. Sungguh Allah telah perintah pada kaum Iman,
seperti PerintahNya pada para Rasul:
·
{يَا أَيُّهَا
الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا
تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ} [الْمُؤْمِنُونَ: 51].
·
{يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ}.”
Lalu Nabi SAW menjelaskan lelaki yang melakukan perjalanan jauh.
Badannya lusuh, berambut acak-acakan. Tangannya dipanjangkan kelangit, sambil
berdoa, “Ya Rabbi! Ya Rabbi!” Padahal makanannya haram, minumannya
haram, pakaiannya haram, diberi rangsuman haram. Lalu bagaimana mungkin
dikabulkan untuk doanya?. [3]
Sungguh yang Dia haramkan atas kalian; bangkai, darah, daging
babi, (binatang) yang diserukan untuk selain Allah. Namun barangsiapa terpaksa,
dengan tidak bertekat, dan tidak melewati batas, maka tak dosa atasnya. Sungguh
Allah Maha pengampun, Maha penyayang. [173].
Ibnu Katsir menjelaskan, “Namun sungguh ulama jumhur mengkhususkan
‘sebagian dari bangkai’ ada yang halal. Berdasarkan Firman Taala ‘{أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ
وَلِلسَّيَّارَةِ} [الْمَائِدَةِ: 96]’. Penjelasan lengkapnya akan dibahas nanti.
Hadits tentang Ambar, di dalam kitab; Shahih, Al-Musnad,
Al-Muatthak, dan Assunan; SAW bersabda:
Air laut
mensucikan, bangkainya halal.
Syafi’i, Ahmad, Ibnu Majah, dan Daruquthni, meriwayatkan dari Ibnu
Umar ‘Dua bangkai dan dua darah, dihalalkan untuk kita;
·
Ikan
dan belalang.
·
Hati
dan limpa’.
Pernyataan lengkap mengenai ini dalam surat Al-Maidah, nanti.” [4]
وَرَوَى ابْنُ
إِسْحَاقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي مُحَمَّدٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ أَوْ سَعِيدِ
بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابن عَبَّاسٍ: أَنَّهَا نَزَلَتْ فِي طَائِفَةٍ مِنَ
الْيَهُودِ، دَعَاهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى
الْإِسْلَامِ، فَقَالُوا: بَلْ نَتَّبِعُ مَا أَلْفَيْنَا عَلَيْهِ آبَاءَنَا.
فَأَنْزَلَ اللَّهُ هَذِهِ الْآيَةَ.
ثُمَّ ضَرَبَ
لَهُمْ تَعَالَى مَثَلًا كَمَا قَالَ تَعَالَى: {لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ
بِالآخِرَةِ مَثَلُ السَّوْءِ} [النَّحْلِ: 60] فَقَالَ: {وَمَثَلُ الَّذِينَ
كَفَرُوا} أَيْ: فِيمَا هُمْ فِيهِ مِنَ الْغَيِّ وَالضَّلَالِ وَالْجَهْلِ
كَالدَّوَابِّ السَّارِحَةِ التِي لَا تَفْقَهُ مَا يُقَالُ لَهَا، بَلْ إِذَا
نَعَقَ بِهَا رَاعِيهَا، أَيْ: دَعَاهَا إِلَى مَا يُرْشِدُهَا، لَا تَفْقَهُ مَا
يَقُولُ وَلَا تَفْهَمُهُ، بَلْ إِنَّمَا تَسْمَعُ صَوْتَهُ فَقَطْ.
قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّ
اللَّهَ طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طَيَّبًا، وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ
الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ، فَقَالَ: {يَا أَيُّهَا
الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا
تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ} [الْمُؤْمِنُونَ: 51] وَقَالَ: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ
آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ} ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يطيلُ
السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ، يمدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ: يَا رَبِّ، يَا
رَبِّ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ، وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ، وغُذي
بِالْحَرَامِ، فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ وَرَوَاهُ مُسْلِمٌ فِي صَحِيحِهِ،
وَالتِّرْمِذِيُّ مِنْ حَدِيثِ [فُضَيْلِ] بْنِ مَرْزُوقٍ.".
وَقَدْ
خَصَّصَ الْجُمْهُورُ مِنْ ذَلِكَ مَيْتَةَ الْبَحْرِ لِقَوْلِهِ تَعَالَى:
{أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ}
[الْمَائِدَةِ: 96] عَلَى مَا سَيَأْتِي، وَحَدِيثُ الْعَنْبَرِ فِي الصَّحِيحِ
وَفِي الْمُسْنَدِ وَالْمُوَطَّأِ وَالسُّنَنِ قَوْلُهُ، عَلَيْهِ السَّلَامُ، فِي
الْبَحْرِ: "هُوَ الطَّهُورُ مَاؤُهُ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ" وَرَوَى
الشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ وَابْنُ مَاجَهْ وَالدَّارَقُطْنِيُّ مِنْ حَدِيثِ ابْنِ
عُمَرَ مَرْفُوعًا: "أُحِلَّ لَنَا مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ: السَّمَكُ
وَالْجَرَادُ، وَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ" وَسَيَأْتِي تَقْرِيرُ ذَلِكَ فِي
سُورَةِ الْمَائِدَةِ.
Ponpes Mulya Abadi Mulungan
Ponpes Mulya Abadi Mulungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar