Pages - Menu

Pages - Menu

Pages

2015/07/25

Tafsir Al-Qur’an Ibnu Katsir Ponpes (1)




Sungguh kau tak mampu menunjukkan orang yang kau cintai. Tetapi sungguh Allah menunjukkan orang yang Dia kehendaki. Dia lebih tahu kaum yang mendapat Hidayah. (إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ [القصص/56]).

Beberapa orang bertanya, “Bagaimana ‘Kisah Abu Thalib’ paman Rasulillah SAW yang disinggung di dalam Ayat diatas?.” 
Kitab-kitab yang membahas secara lengkap mengenai Abu Thalib adalah: Al-Kamil, Al-Bidayah wa Annihayah karya Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qurthubi, dan masih banyak lagi.

Ibnu Katsir juga menulis banyak tentang Ayat 56 dari Surat Al-Qashash di atas. di dalam Tafsirnya:

Yang Maha Tinggi berfirman pada RasulNya SSA [1]: “Sungguh kau ya Muhammad, takkan mampu memberi Hidayah orang yang kau cintai.” Maksudnya ‘memberi petunjuk (Hidayah)’ bukan wenangmu. Sungguh kewajibanmu, menyampaikan. Allah yang menunjukkan orang yang Dia kehendaki. Hikmah besar dan hujah paten, hak Allah sepenuhnya. Kedudukan Firman ini seperti yang Allah firmankan:
1.     ‘Petunjuk mereka bukan urusanmu, tetapi Allah yang menunjukkan orang yang Dia kehendaki’. (لَيْسَ عَلَيْكَ هُدَاهُمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ) [Qs Al-Baqarah 272].
2.       ‘Kebanyakan manusia tidak beriman, walau kau menginginkan’. (وَمَا أَكْثَرُ النَّاسِ وَلَوْ حَرَصْتَ بِمُؤْمِنِينَ) [Qs Yusuf 103].
Ayat 56 dari Surat Al-Qashash di atas, pembahasannya lebih khusus dari dua ayat ini. Maksud Ayat itu: Allah lebih tahu orang yang berhak mendapat hidayah, dan yang berhak mendapat kesesatan.
Telah ditegaskan di dalam dua kitab shahih (Bukhari dan Muslim), bahwa Ayat di atas diturunkan berkenaan Abu Thalib paman Rasulillah SAW, yang tadinya mengayomi, menopang, mengistimewakan, bahkan mencintai padanya SAW. Dengan cinta yang besar secara tabiat, bukan secara syar’i.
Ketika ajal kematian telah hampir tiba, Abu Thalib diajak oleh Rasulullah SAW, agar beriman dan masuk Islam. Namun qodar telah duluan menghanyutkan dia, dan Hidayah lepas dari tangannya. Beliau menetapi kekufuran yang telah ditetapi sebelumnya. Hikmah yang sempurna Hak Mutlak Allah.

Azzuhri mendapatkan pelajaran Hadits dari Said bin Al-Musayyab, dari kakeknya, Al-Musayyab RA:

“Ketika kematian telah hampir hadir, Abu Thalib dihadiri oleh Rasulullah SAW.
Ternyata di sana beliau SAW menjumpai Abu Jahl dan Abdullah bin Umayah bin Al-Mughirah. Rasulullah SAW bersabda ‘hai paman, katakan laa Ilaaha illaa Allah’; kalimat yang akan saya pergunakan sebagai persaksian untukmu ‘di sisi Allah’.
Abu Jahl dan Abdullah bin Umayah berkata ‘hai Abu Thalib, masyak kau benci terhadap agama Abdul-Muthallib?’.
Pada Abu Thalib, Rasulullah SAW tak henti-henti menganjurkan agar membaca ‘laa Ilaaha illaa Allah.
Mereka berdua juga mengulangi pertanyaan itu, pada Abu Thalib. Hingga di akhir perkataannya, dia menyatakan bahwa dia menetapi agama Abdul-Muthallib, dan enggan mengatakan ‘laa Ilaaha illaa Allah.
Rasulullah SAW bersabda ‘ingat, niscaya saya benar-benar akan memintakan ampunan untukmu, selama saya tidak dilarang ’. 
Allah azza wajalla menurunkan Firman:
‘Sejak dulu, nabi dan kaum iman tidak berhak memintakan ampunan pada kaum Musyrik’, walaupun mereka memiliki (tali) kerabat, setelah jelas mengenai ‘sungguh mereka penghuni neraka Jahim’. [Qs Attaubah 113].
‘Sungguh kau tak mampu menunjukkan orang yang kau cintai, tetapi Allah menunjukkan orang yang Dia kehendaki. Dia lebih tahu kaum yang mendapat Hidayah’.” [Qs Al-Qashash 56].

Bukhari dan Muslim mengeluarkan riwayat ini dari Azzuhri. Muslim juga meriwayatkan Hadits yang seperti ini di dalam shahihnya.

Tirmidzi juga mengeluarkan riwayat ini dari Yazid bin Kaisan, dari Abi Chazim, dari Abi Hurairah:

“Ketika kematian telah hampir datang, Abu Thalib didatangi oleh Rasulullah SAW, untuk dituntun (mengatakan), ‘ya Paman, katakan ‘laa Ilaaha illaa Allah’, dengan itulah saya akan bersaksi untukmu, di sisi Allah.   
Abu Thalib menjawab ‘kalau kaum Quraisy takkan mencela saya dengan kalimat itu. Mereka nanti akan berkata ‘yang mendorong dia mengatakan demikian, karena risau dalam sakaratnya’. Kalau tidak akan demikian, niscaya kalimat itu telah saya katakan di hadapanmu’.
Maka Allah menurunkan Firman ‘Sungguh kau tak mampu menunjukkan orang yang kau cintai. Tetapi Allah menunjukkan orang yang Dia kehendaki. Dia lebih tahu mengenai kaum yang mendapat Hidayah’.

Tirmidzi berkata ‘Hadts ini hasan gharib. Kami tak mengetahui Hadits ini kecuali dari Yazid bin Kaisan’.

Achmad juga meriwayatkan hadits ini dari Yachya bin Said Al-Qatthan dari Yazid bin Kaisan murid Abu Chazim murid Abu Hurairah RA. Achmad menuturkan yang sepadan Hadits itu.” [2]

Semoga Tafsir Al-Qur’an berikutnya dipastikan “Paling bermanfaat” oleh Allah. Allaahumma aamiiiin.



Ponpes Mulya Abadi Mulungan

[1] SSA: Shalawatullahi wasalamuHu alaihi. Artinya: Semoga Shalawat dan Salam Allah melimpah padanya. Kedudukannya sama dengan SAW.
[2] تفسير ابن كثير - (ج 6 / ص 246)
يقول تعالى لرسوله، صلوات الله وسلامه عليه: إنك يا محمد { إِنَّكَ لا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ } أي: ليس إليك ذلك، إنما عليك البلاغ، والله يهدي من يشاء، وله الحكمة البالغة والحجة الدامغة، كما قال تعالى: { لَيْسَ عَلَيْكَ هُدَاهُمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ} [ البقرة : 272 ]، وقال: { وَمَا أَكْثَرُ النَّاسِ وَلَوْ حَرَصْتَ بِمُؤْمِنِينَ } [ يوسف : وهذه الآية أخص من هذا كله؛ فإنه قال: { إِنَّكَ لا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ } أي: هو أعلم بِمَنْ يستحق الهداية بِمَنْ يستحق الغِوَاية، وقد ثبت في الصحيحين أنها نزلت في أبي طالب عَمّ رسول الله صلى الله عليه وسلم، وقد كان يَحوطُه وينصره، ويقوم في صفه ويحبه حبًّا [شديدا] طبعيًّا لا شرعيًّا، فلما حضرته الوفاة وحان أجله، دعاه رسول الله صلى الله عليه وسلم إلى الإيمان والدخول في الإسلام، فسبق القدر فيه، واختطف من يده، فاستمر على ما كان عليه من الكفر، ولله الحكمة  التامة قال الزهري: حدثني سعيد بن المسَيَّب، عن أبيه -وهو المسيب بن حَزْن المخزومي، رضي الله عنه -قاللَمَّا حَضَرَتْ أَبَا طَالِبٍ الْوَفَاةُ جَاءَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَجَدَ عِنْدَهُ أَبَا جَهْلِ بْنَ هِشَامٍ وَعَبْدَ اللَّهِ بْنَ أَبِي أُمَيَّةَ بْنِ الْمُغِيرَةِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَبِي طَالِبٍ يَا عَمِّ قُلْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ كَلِمَةً أَشْهَدُ لَكَ بِهَا عِنْدَ اللَّهِ فَقَالَ أَبُو جَهْلٍ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي أُمَيَّةَ يَا أَبَا طَالِبٍ أَتَرْغَبُ عَنْ مِلَّةِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ فَلَمْ يَزَلْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْرِضُهَا عَلَيْهِ وَيَعُودَانِ بِتِلْكَ الْمَقَالَةِ حَتَّى قَالَ أَبُو طَالِبٍ آخِرَ مَا كَلَّمَهُمْ هُوَ عَلَى مِلَّةِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ وَأَبَى أَنْ يَقُولَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَا وَاللَّهِ لَأَسْتَغْفِرَنَّ لَكَ مَا لَمْ أُنْهَ عَنْكَ فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى فِيهِ { مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى } [ التوبة : 113 ] ، وأنزل في أبي طالب: { إِنَّكَ لا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ أخرجاه من حديث الزهري  وهكذا رواه مسلم في صحيحه، والترمذي، من حديث يزيد بن كَيْسَان، عن أبي حازم، عن أبي هُرَيْرَةَ قال: لما حَضَرَتْ وفاةُ أبي طالب أتاه رسولُ الله صلى الله عليه وسلم فقال: "يا عماه، قُلْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ أَشْهَدُ لَكَ بِهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالَ لَوْلَا أَنْ تُعَيِّرَنِي قُرَيْشٌ يَقُولُونَ إِنَّمَا حَمَلَهُ عَلَى ذَلِكَ الْجَزَعُ لَأَقْرَرْتُ بِهَا عَيْنَكَ فَأَنْزَلَ اللَّهُ  { إِنَّكَ لا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ } . وقال الترمذي: حسن غريب ، لا نعرفه إلا من حديث يزيد بن كيسان ورواه الإمام أحمد، عن يحيى بن سعيد القَطَّان، عن يزيد بن كيسان، حدثني أبو حازم، عن أبي هريرة، فذكره بنحوه


Tidak ada komentar:

Posting Komentar