Pages - Menu

Pages - Menu

Pages

2014/02/18

Cacat Menurut Muhadditsiin




Seorang alim dalam bidang Hadits berkata, “Saya pernah mendengar Syababah berkata: Dulu Abdul-Qudus berkata ‘guru kami Suwaid bin Aqalah’ pernah berkata.”
Syababah juga pernah berkata:
“Saya pernah mendengar Abdul-Qudus mengajarkanنَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُتَّخَذَ الرَّوْحُ عَرْضًا’.”
Artinya: Rasulullah SAW telah melarang melobang dinding rumah untuk cendela.

Abdul-Qudus ditanya, “Bagaimana maksud Hadits ini?.”
Dia menjawab, “Melobang dinding rumah untuk lewat udara adalah larangan.”

Maksud tulisan di atas, ‘Abdul-Qudus’ keliru, kurang pandai, dan kurang teliti. Berdampak isnad dan matan Hadits yang disampaikan meragukan. Mengenai isnad dia berkata :
1.     “Suwaid bin ‘Aqalah, dengan huruf ‘ain’ yang dibiarkan (tidak dititik), dan ‘qaf’. Ini berarti kesalahan nyata, dan kekeliruan yang jelas. Yang benar Ghafalah, dengan huruf ‘ghain’ yang dititik, dan huruf ‘fa’, duanya difathah.
2.     Adapun mengenai matan, dia telah mengatakan, “Rauh,” huruf ‘ra’nya difathah. Dan membaca ‘ardhan’ dengan huruf ‘ain’ tidak bertitik, dan ‘ra’nya disukun. Ini kesalahan sangat memalukan dan kekeliruan nyata. Yang benar, “Ruh,”; ‘ra’nya didhamah, dan ‘gharadhan’; huruf ‘ghain’ dan ‘ra’nya difathah:

نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُتَّخَذَ الرُّوْحُ غَرَضًا

Artinya: Rasulullah SAW melarang makhluq bernyawa dijadikan bidikan panah dan yang serupa. [1]




[1] شرح النووي على مسلم (1/ 114)
 (سَمِعْتُ شَبَابَةَ يَقُولُ كَانَ عَبْدُ الْقُدُّوسِ يُحَدِّثنَا فَيَقُولُ سُوَيْدُ بْنُ عَقَلَةَ قَالَ شَبَابَةُ وَسَمِعْتُ عَبْدَ الْقُدُّوسِ يَقُولُ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُتَّخَذَ الرَّوْحُ عَرْضًا قَالَ فَقِيلَ لَهُ أَيُّ شَيْءٍ هَذَا فَقَالَ يَعْنِي يُتَّخَذُ كَوَّةٌ فِي حَائِطِهِ لِيَدْخُلَ عَلَيْهِ الرَّوْحُ) الْمُرَادُ بِهَذَا الْمَذْكُورِ بَيَانُ تَصْحِيفِ عَبْدِ الْقُدُّوسِ وَغَبَاوَتِهِ وَاخْتِلَالِ ضَبْطِهِ وَحُصُولِ الْوَهْمِ فِي إِسْنَادِهِ وَمَتْنِهِ فَأَمَّا الْإِسْنَادُ فَإِنَّهُ قَالَ سُوَيْدُ بْنُ عَقَلَةَ بِالْعَيْنِ الْمُهْمَلَةِ وَالْقَافِ وَهُوَ تَصْحِيفٌ ظَاهِرٌ وَخَطَأٌ بَيِّنٌ وَإِنَّمَا هُوَ غَفَلَةَ بِالْغَيْنِ الْمُعْجَمَةِ وَالْفَاءِ الْمَفْتُوحَتَيْنِ وَأَمَّا الْمَتْنُ فَقَالَ الرَّوْحُ بِفَتْحِ الرَّاءِ وَعَرْضًا بِالْعَيْنِ الْمُهْمَلَةِ وَإِسْكَانِ الرَّاءِ وَهُوَ تَصْحِيفٌ قَبِيحٌ وَخَطَأٌ صَرِيحٌ وَصَوَابُهُ الرُّوحُ بِضَمِّ الرَّاءِ وَغَرَضًا بِالْغَيْنِ الْمُعْجَمَةِ وَالرَّاءِ الْمَفْتُوحَتَيْنِ وَمَعْنَاهُ نَهَى أَنْ نَتَّخِذَ الْحَيَوَانَ الَّذِي فِيهِ الرُّوحُ غَرَضًا أَيْ هَدَفًا لِلرَّمْيِ فَيُرْمَى إِلَيْهِ بِالنُّشَّابِ وَشِبْهِهِ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar