Seorang alim dalam bidang Hadits berkata, “Saya pernah
mendengar Syababah berkata:
Dulu Abdul-Qudus berkata ‘guru kami
Suwaid bin Aqalah’ pernah berkata.”
Syababah juga pernah berkata:
“Saya pernah mendengar Abdul-Qudus mengajarkan ‘نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ
يُتَّخَذَ الرَّوْحُ عَرْضًا’.”
Artinya: Rasulullah SAW telah melarang melobang dinding rumah untuk cendela.
Abdul-Qudus ditanya, “Bagaimana maksud Hadits ini?.”
Dia menjawab, “Melobang dinding rumah untuk lewat udara
adalah larangan.”
Maksud tulisan di atas, ‘Abdul-Qudus’ keliru, kurang
pandai, dan kurang teliti. Berdampak isnad dan matan Hadits yang disampaikan
meragukan. Mengenai isnad dia berkata :
1. “Suwaid bin ‘Aqalah, dengan huruf ‘ain’ yang dibiarkan (tidak dititik), dan ‘qaf’. Ini berarti kesalahan
nyata, dan kekeliruan yang jelas. Yang benar Ghafalah, dengan huruf ‘ghain’
yang dititik, dan huruf ‘fa’,
duanya difathah.
2. Adapun mengenai matan, dia telah mengatakan, “Rauh,” huruf ‘ra’nya difathah. Dan
membaca ‘ardhan’ dengan huruf ‘ain’ tidak bertitik, dan ‘ra’nya disukun. Ini kesalahan
sangat memalukan dan kekeliruan nyata. Yang benar, “Ruh,”; ‘ra’nya
didhamah, dan ‘gharadhan’;
huruf ‘ghain’ dan ‘ra’nya
difathah:
نَهَى
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُتَّخَذَ الرُّوْحُ
غَرَضًا
Artinya: Rasulullah SAW melarang makhluq bernyawa dijadikan bidikan panah
dan yang serupa. [1]
(سَمِعْتُ شَبَابَةَ يَقُولُ كَانَ عَبْدُ الْقُدُّوسِ يُحَدِّثنَا فَيَقُولُ
سُوَيْدُ بْنُ عَقَلَةَ قَالَ شَبَابَةُ وَسَمِعْتُ عَبْدَ الْقُدُّوسِ يَقُولُ نَهَى
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُتَّخَذَ الرَّوْحُ عَرْضًا
قَالَ فَقِيلَ لَهُ أَيُّ شَيْءٍ هَذَا فَقَالَ يَعْنِي يُتَّخَذُ كَوَّةٌ فِي حَائِطِهِ
لِيَدْخُلَ عَلَيْهِ الرَّوْحُ) الْمُرَادُ بِهَذَا الْمَذْكُورِ بَيَانُ تَصْحِيفِ
عَبْدِ الْقُدُّوسِ وَغَبَاوَتِهِ وَاخْتِلَالِ ضَبْطِهِ وَحُصُولِ الْوَهْمِ فِي إِسْنَادِهِ
وَمَتْنِهِ فَأَمَّا الْإِسْنَادُ فَإِنَّهُ قَالَ سُوَيْدُ بْنُ عَقَلَةَ بِالْعَيْنِ
الْمُهْمَلَةِ وَالْقَافِ وَهُوَ تَصْحِيفٌ ظَاهِرٌ وَخَطَأٌ بَيِّنٌ وَإِنَّمَا هُوَ
غَفَلَةَ بِالْغَيْنِ الْمُعْجَمَةِ وَالْفَاءِ الْمَفْتُوحَتَيْنِ وَأَمَّا الْمَتْنُ
فَقَالَ الرَّوْحُ بِفَتْحِ الرَّاءِ وَعَرْضًا بِالْعَيْنِ الْمُهْمَلَةِ وَإِسْكَانِ
الرَّاءِ وَهُوَ تَصْحِيفٌ قَبِيحٌ وَخَطَأٌ صَرِيحٌ وَصَوَابُهُ الرُّوحُ بِضَمِّ
الرَّاءِ وَغَرَضًا بِالْغَيْنِ الْمُعْجَمَةِ وَالرَّاءِ الْمَفْتُوحَتَيْنِ وَمَعْنَاهُ
نَهَى أَنْ نَتَّخِذَ الْحَيَوَانَ الَّذِي فِيهِ الرُّوحُ غَرَضًا أَيْ هَدَفًا لِلرَّمْيِ
فَيُرْمَى إِلَيْهِ بِالنُّشَّابِ وَشِبْهِهِ.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar